Bupati Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Masuk Tahap Penegakan Sanksi

-- --

 

SALE - cbfmrembang.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 34 tahun 2020. Peraturan yang dibuat pada tanggal 19 Agustus 2020 itu berisi tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease (Covid-19).

Bupati H.Abdul Hafidz saat pembinaan Perangkat Desa se Kecamatan Sale, Senin (7/9/2020) mengatakan perbup itu sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden. Sehingga bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan berupa 4 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan) yang sebelumnya hanya mendapat teguran, dengan terbitnya perbup, saat ini bagi yang melanggar bisa dikenai sanksi.

"Kalau dulu itu sifatnya himbauan, untuk melakukan mentaati protokol kesehatan, tetapi sejak terbitnya Peraturan Presiden, maka saat ini bukan himbauan tetapi adalah penegakan. Maka saya meminta aparatur pemerintah mulai kecamatan sampai desa, mari kita tegakkan Peraturan Presiden. Manakala ada yang melanggar, ada sanksi yang diberikan baik sanksi moral, sanksi sosial dan sanksi material." Imbuhnya.

Bupati menerangkan sanksi pelanggaran protokol kesehatan bagi perorangan dengan teguran lisan / teguran tertulis; pembinaan sosial seperti menyanyikan lagu kebangsaan, mengucapkan pancasila atau pembinaan fisik seperti lari di tempat; membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi dan denda administrasi berupa membeli masker.

Sementara bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara dan penanggungjawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar akan diberi sanksi berupa teguran lisan atau teguran tertulis; denda administrasi berupa membagikan masker, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer; penghentian sementara operasional usaha, hingga pencabutan izin usaha sesuai peraturan perundang-undangan.(Masudi)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3631996624905785445

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::