Balai Ternak BAZNAS sasar Ringin

-- --

PAMOTAN - Desa Ringin, Kecamatan Pamotan, menjadi sasaran program Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) kerjasama dengan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Bina Ummat Sejahtera (BUS). Hal itu disampaikan oleh Penjabat Sementara (PJs) Bupati Rembang, Imam Maskur, saat launching virtual di Balai Ternak BAZNAS Mendo Mandumi, Desa Ringin, Kecamatan Pamotan dengan BAZNAS Pusat, hari Rabu (28/10).

Imam Maskur mengatakan bantuan diberikan kepada 30 Kepala Keluarga (KK). Dimana masing-masing KK mendapat 4 kambing.

"Pentasharufan zakat produktif dari BAZNAS yang diperuntukkan pada kelompok Balai Ternak Rembang. Yang uangnya itu pentasharufannya melalui kerja sama dengan BMT. BUS yang ada di Rembang. Jadi, ini dibentuk 3 kelompok sementara. Yang rencananya dibentuk 10 kelompok. Ini dibentuk 3 kelompok dulu. Mudah-mudahan berhasil. Masing-masing kelompok terdiri atas 10 KK. 1 Kepala Keluarga dikasih 2 indukan dan 2 untuk bakalan (anakan)," imbuhnya.

Imam Maskur mengungkapkan pengembangan 7 kelompok akan dilaksanakan di Desa Ringin. Pasalnya, di Ringin memiliki ketersediaan pakan yang cukup.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus BMT. BUS, Abdullah Yazid, dipilihnya Desa Ringin menjadi sasaran Balai Ternak BAZNas, selain karena kondisi geografis yang mendukung juga adanya kedekatan emosional.

"Secara emosional, saya dilahirkan di sini, yang ke-2, kebetulan ada aliran air yang sampai sini. Dari Pamotan ke sini. Ke-3, dukuhannya banyak. Sehingga jika dikembangkan per dukuhan, cari 10 tempat lebih gampang, " terangnya.

Abdullah Yazid yang merupakan Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rembang tersebut berharap dengan adanya program ini dapat mengembalikan pamor Desa Ringin yang dulu terkenal dengan potensi pertanian dan peternakan. Selain itu hasil dari program bantuan ternak bisa meningkatkan kesejahteraan petani setempat.(MASUDI)


Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3622527701254256515

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::