Puluhan Pemuda Grames Luncurkan Program Start Up Bagi UMKM

-- --

Puluhan remaja dari Sekretariat Bersama (Sekber) milenial Rembang yang tergabung di Gerakan Rembang melek start up (Grames) menggelar acara bertema terobosan start up lokal sebagai solusi permasalahan di tengah pandemi di salah satu rumah makan di jalan dr.Soetomo Rembang, Rabu sore (25/11/2020). Acara tersebut di siarkan secara langsung melalui live streaming di dua chanel youtube @sekbermilenialrbg dan @educator id.

CEO dan Founder Start up Educator id Kabupaten Rembang, Maulana Yusuf menyampaikan, pada era globalisasi seperti sekarang ini, yang dibutuhkan oleh Pemerintah adalah ide atau inovasi dari para kaum milenial, salah satunya dalam bentuk wujud star up. Start up UMKM dengan start up wirausaha lainnya memiliki perbedaan.

Dimana start up UMKM diawali dengan proses pemecahan masalah yang ada di tengah masyarakat. Bukan hanya seperti pemasaran produk atau lainnya.

Dirinya menyebutkan jumlah anggota yang tergabung dalam start up saat ini ada 120 orang tersebar di 14 Kecamatan. Masing-masing terdiri dari 20 orang sebagai pengurus dan 100 orang sebagai tutor.

Yusuf menambahkan setelah diadakannya kegiatan ini, pihaknya menginginkan khususnya para kaum milenial Rembang agar ke depan mulai aktif sehingga bisa memunculkan ide-ide kreatif dan bisa membuat star up baru dari berbagai sektor di Kabupaten Rembang.

"Jadi Star up sendiri ada kaitannya dengan dunia teknologi, misalkan berjualan dan bisa di pesan secara online, itupun belum bisa dikatakan star up. Start up ini diawali dengan memecahkan masalah ditengah masyarakat, bukan hanya jualan. Kemudian kita menggunakan teknologi dan pendanaan dari para investor," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Sekber Milenial Rembang, MS Al-Ayubi menjelaskan di Kabupaten Rembang banyak potensi - kaum milenial yang ingin berekspresi, namun mereka cendurung berjalan sendiri - sendiri. Sehingga perlu ada yang menjembatani antara kaum milenial dengan pemerintah Kabupaten Rembang.

"Maka dengan didirikanya Sekber ini, nantinya bisa menjembatani para kaum milenial Rembang khususnya yang sudah tergabung di Gerakan Rembang melek start up (Grames) supaya lebih bisa bermanfaat dan bisa memunculkan star up baru dari berbagai sektor, seperti sektor kebudayaan, pariwisata, ekonomi dan lainnya," imbuhnya.

Dirinya menambahkan saat ini start up baru menjangkau sektor pendidikan. Ia berharap pada tahun 2021 mendatang di Kabupaten Rembang sudah bermunculan star up baru dari berbagai sektor. (Rendi)

Berita Terkait

Terbaru 4875743910313654485

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::