Laboratorium PCR di RSUD dr.R.Soetrasno Siap Beroperasi

-- --

Laboratorium PCR di Kabupaten Rembang akan segera dioperasikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Pjs Bupati Imam Maskur Selasa (1/12/2020) di kantor Bupati.

Imam Maskur mengatakan PCR swab di Rumah Sakit dr. R. Soetrasno telah mendapatkan ijin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.


"Untuk PCR swab yang ada di RSUD. dr. Soetrasno Rembang, sudah siap. Ijinnya sudah dikeluarkan oleh Pemprov Jawa Tengah. Dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah."

Imam Maskur yang juga Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, menginformasikan menurut rencana pengoperasian laboratorium PCR pada hari Kamis (3/12)

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang Ali Syofii mengungkapkan dengan adanya laboratorium PCR tersebut penanganan pasien dapat lebih cepat. Sehingga Rumah sakit dapat memastikan pasien terkena COVID-19 atau tidak tanpa mengirim sampel lendir ke laboratorium di luar kota.

Jika terkena gejala Covid-19 tentunya pasien bisa lebih cepat mendapat keputusan dari pihak rumah sakit, apakah nantinya mereka dipulangkan atau dikarantina.

“Terhitung Senin 30 November lab sudah bisa dioperasikan namun cakupannya masih belum maksimal, artinya terbatas untuk pemeriksaan pasien yang ada di Rumah Sakit Soetrasno, tapi menurut saya ini sudah sangat membantu karena pasien yang masuk hasilnya cukup cepat,” katanya.

Ali menjelaskan secara fisik, pengoperasian laboratorium PCR sudah sangat siap. Semua alat dan prasarananya telah siap digunakan di RSUD Soetrasno Rembang.

Untuk tahap awal ini lab PCR masih hanya digunakan bagi pasien yang dirawat di RSUD dr.R.Soetrasno Rembang. Sedangkan sampel lendir dari hasil screening dan tracing di Puskesmas masih akan dikirim ke laboratorium rujukan karena memang laboratorium di Rembang masih tahap awal dan kapasitasnya masih terbatas.(Masudi) 
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6500512258429615971

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::