Pemkab dan Kemenag Rembang Terbitkan Buku Khutbah Jum'at

-- --



REMBANG - Saat ini Indonesia termasuk Kabupaten Rembang masih menghadapi Pandemi virus covid-19. Terkait hak itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang bekerjasama Kementerian Agama (Kemenag) Rembang, telah mengupayakan penanganan pencegahan salah satunya dengan menerbitkan buku khutbah Jum'at. Buku yang akan dibaca oleh seluruh khatib pada waktu kegiatan Shalat Jum'at tersebut berisikan tausyah yang ada atau menyinggung tentang pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan buku setebal 40 halaman itu disusun oleh Kantor Kemenag Rembang, bersama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rembang, Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rembang, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang, PCNU. Lasem dan PD. Muhammadiyah Rembang.

"Alasan diterbitkannya buku khutbah Jumat itu karena kondisi perkembangan Covid-19 di Rembang, yang semakin meningkat seminggu yang lalu. Sehingga Kami Kemenag bersama-sama dengan MUI, NU Rembang, NU Lasem, Dewan Masjid dan Muhammadiyah, Bareng-bareng untuk konsolidasi rembugan bagaimana caranya solusi untuk Pemda. Makanya para ormas dan para ulama kekuatannya ya mauidzahnya. Oleh karena itu kemudian kita kumpul tim kecil, dari 6 ormas itu. Solusi yang paling awal ya membuat teks khutbah, " imbuhnya

Ia mengungkapkan buku itu berisi kumpulan khutbah Ketua Umum MUI Kabupaten Rembang, KH. Muhammad Munib Muslich, Ketua MUI Kabupaten Rembang, Drs. KH. Atho'illah Muslim, MPd.I, Ketua PCNU. Rembang, KH. Achmad Sunarto, Ketua PD. Muhammadiyah Kabupaten Rembang, KH. Anshori Sholeh dan Ketua PD. DMI Kabupaten Rembang, Drs. KH. Musthofa, dan khutbah ke 2.

Ia menjelaskan buku tersebut saat ini sudah didistribusikan ke 585 Masjid yang ada di Kabupaten Rembang. Harapannya, hari Jum'at (8/1), sudah mulai dibaca oleh Khatib shalat Jum'at.

Ali Muhyidin mengharapkan dengan adanya materi khutbah dari buku tersebut, minimal para jamaah masjid itu mengetahui tentang program-program dari para ulama dan Pemerintah daerah bahwa kita diwajibkan untuk bersama-sama berikhtiar untuk melawan Covid-19 ini sesuai protokol kesehatan. Tetapi kita juga diminta menata hati pasrah kepada Allah dalam rangka menyikapi pandemi.

Selain itu visi dengan diterbitkannya buku teks khutbah Jum'at menurut Ali Muhyidin yaitu memback up program pemerintah untuk bersama-sama memberikan ketenangan dan suport kepada masyarakat, sekaligus mendoakan orang yang terpapar Covid-19 baik yang masih sakit atau yang meninggal dunia.(Masudi)

Berita Terkait

Utama 5393230412838038000

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::