Hati-hati, Ada Akun Facebook Palsu Bupati Rembang Terpilih Abdul Hafidz

-- --

Rembang – Beredar melalui media sosial (medsos) akun Facebook (FB) milik H Abdul Hafidz, Bupati Rembang terpilih periode 2021 - 2024, diduga telah diduplikat oleh oknum tidak bertanggungjawab. Modusnya dengan meminta tolong untuk mengirimkan nomor atau kode OTP (One Time Password).

Salah satu warga dari Kecamatan Lasem yang jadi sasaran modus akun palsu tersebut, Ludfi Saiful Anas yang mengatakan akun Facebook-nya mendapat pesan singkat dari akun bernama Abdul Hafids pada Selasa 23 Februari 2021 sekitar pukul 19.30 WIB. Dirinya lantas diminta untuk membagi nomor whatsapp miliknya melalui pesan facebook.

Dari foto profil yang digunakan oknum tersebut, lanjut dia, sama dengan akun pribadi milik Bupati Rembang Abdul Hafidz. Namun dirinya merasa curiga ketika oknum tersebut meminta kode OTP atau verifikasi yang tiba-tiba Ia dapat melalui pesan singkat atau SMS.

"Awalnya saya mendapat permintaan teman dari akun palsu itu, terus saya terima. Tidak berselang lama akun tersebut mengirim pesan untuk meminta nomor whastapp saya. Setelah saya kasih kemudian dia minta kode verifikasi yang dikirim melalui sms. Dari situ muncul kecurigaan bahwa akun tersebut ingin meretas whatsapp saya,” kata dia.

Ketika aksi penipuannya mulai tercium, akun palsu itu lantas memblokir akun facebook miliknya. Dirinya kemudian menyebarkan informasi akun palsu tersebut kepada teman-temannya melalui whatsapp.

Sementara itu Dhimas selaku admin akun resmi Abdul Hafidz usai mendapat informasi tersebut langsung membuat postingan untuk mengklarifikasi serta mengunggah foto akun palsu tersebut. Bedanya jika akun palsu tersebut menggunakan huruf “S” pada penulisan nama Hafidz, sedangkan yang asli menggunakan huruf “Z”.

"Kita sudah memberikan informasi ke medsos bahwa itu akun palsu, nanti kita juga menyebarkan informasi itu ke grup-grup whatsapp agar berhati-hati dan tidak mempercayai akun itu, " bebernya.

Untuk diketahui, kode OTP sendiri merupakan 6 digit kode yang WhatsApp kirim ke SMS saat mencoba masuk ke akun WhatsApp/mendaftarkan akun baru. Jika kode tersebut tersebar, percakapan pribadi atau nomor WhatsApp bisa disalahgunakan untuk penipuan atau kepentingan yang tidak bertanggungjawab. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 2392082667638458874

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::