Ujian Nasional Ditiadakan, Standar Kelulusan Dengan Ujian Sekolah

-- --
Ujian Nasional tahun 2021 dipastikan ditiadakan untuk tahun ajaran ini. Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah, tertanggal 1 Februari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, Mardi mengatakan sekolah bisa mengadakan Ujian Sekolah sebagai penentu kelulusan bagi siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan bentuk yang diserahkan pilihannya kepada sekolah.

"Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekolah dipersilakan mengadakan Ujian Sekolah. Dengan bentuk yang disesuaikan kondisi sekolah. Bentuknya itu bisa portofolio, bentuknya bisa penugasan, bentuknya bisa juga tes tatap muka ataupun daring. Atau bentuk-bentuk lain yang disesuaikan dengan sekolahnya," imbuhnya.

Mardi menjelaskan apabila penugasan Ujian Sekolah terpaksa dilakukan dengan tatap muka, tentunya perlu mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Mardi menerangkan waktu pelaksanaan Ujian Sekolah dijadwalkan pada bulan Mei. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Ujian Sekolah sesuai Kalender Pendidikan dilakukan setelah Ujian Nasional di bulan April. Bedanya tahun ini, Ujian Nasional ditiadakan.(Masudi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 2321674224417522180

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::