10 Ribu Lebih Data KPM Telah Diverifikasi Ulang

-- --
   
REMBANG- Perbaikan atau verifikasi ulang data penerima bantuan di Kabupaten Rembang terus dilakukan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Rembang. Perbaikan data itu di lakukan atas instruksi dari pemerintah pusat terkait ditemukan nya sejumlah data yang kurang tepat dan bermasalah.

Plt Kepala Dinsos PPKB Rembang, Agus Salim kepada CBFM, Jumat (19/3) menyampaikan perbaikan data penerima bantuan masih berlangsung. Hingga saat ini sudah ada 10 ribu lebih dari 26 ribu data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah diperbaiki.

Karena sedang dalam tahap perbaikan data, proses penyerahan bantuan pada bulan Maret akan mengalami keterlambatan. Bantuan tersebut diantaranya program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta bantuan langsung tunai (BLT).

"Berdasarkan arahan dari Kementerian, belum bisa memproses pengajuan dana sosial program sembako dan bantuan langsung tunai, maret 2021 disebabkan masih menunggu penerimaan data perbaikan," ungkapnya.

Agus menyebutkan sejumlah masalah itu berupa Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang tidak sama dengan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil). NIK yang sama atau padan dengan Dindukcapil tapi nama mirip, Nik yang padan dengan dukcapil tapi nama berbeda, NIK yang strukturnya tidak benar atau kosong, NIK lebih dari satu atau ganda dan penerima bantuan yang sudah meninggal dunia.

“Kami setelah ada data-data penerima bantuan melakukan verifikasi kembali dengan berkoordinasi sama Dundukcapil. Sampai saat ini masih dalam proses perbaikan,” jelasnya.

Dirinya berharap setelah dilakukan perbaikan data, bantuan yang akan disalurkan ke masayarakat bisa tepat sasaran. Artinya yang menerima bantuan itu memang benar-benar layak mendapat bantuan, bukan sebaliknya.(Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 4785326605264670533

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::