13 Desa Menjadi Sasaran Pamsimas

-- --

REMBANG - 13 Desa di Kabupaten Rembang, menjadi sasaran program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas). Dengan rincian 10 desa reguler Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 3 desa Hibah Intensif Desa (HID).

Hal itu disampaikan oleh District Coordinator, Agus Purwanto, saat kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama, di Aula kantor dinas setempat, baru-baru ini.

Agus Purwanto mengatakan setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, desa yang mendapat program akan melakukan pengeboran. Harapannya 6 bulan, Pamsimas sudah bisa dirasakan masyarakat.

"Kita ditarget Bulan September Oktober harus sudah selesai. Padahal ini Bulan Maret, pengeboran kalau lancar dalam 1 bulan selesai. Kalau sudah dapat airnya segera dibuat towernya." Imbuhnya.

Insert Pamsimas

Agus menerangkan alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) pamsimas reguler yang diterima Kabupaten Rembang total senilai Rp. 2,3 Milyar. Dana BLM yang disalurkan akan digunakan untuk membiayai Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang terdiri 70% dana APBN, 10% dana APBDes dan 20% kontribusi masyarakat.

10 desa penerima pamsimas reguler yaitu Desa Pacing Kecamatan Sedan; Desa Kedungrejo, Kecamatan Rembang; Desa Sumber, Kecamatan Sumber serta Desa Nglojo, Kecamatan Sarang.

Selain itu Desa Sumberejo dan Desa Bamban Kecamatan Pamotan serta Desa Jolotundo dan Desa Dorokandang, Kecamatan Lasem; maupun Desa Tegalmulyo dan Desa Sudan, Kecamatan Kragan.

Ia menuturkan BLM HID yang diterima kabupaten Rembang total senilai Rp. 713 juta. Dana BLM yang disalurkan ke masing-masing desa untuk membiayai RKM yang terdiri dari 80% dana APBN dan 20% kontribusi masyarakat. 3 desa penerimanya yaitu Desa Sale, Kecamatan Sale; Desa Babadan, Kecamatan Kaliori dan Desa Kedungasem, Kecamatan Sumber.

Terkait program tersebut , Kepala Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Rembang, Joestinnarni menghimbau kepada pihak terkait memperhatikan kualitas. Misalnya untuk membeli pipa harus yang berkualitas, supaya tidak kecewa di kemudian hari.(Masudi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 8092440192010862379

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::