Ada Yang Baru, Pagar Pelangi Jual Kerajinan Khas Dadapan

-- --
   Produk kerajinan anyaman bambu dan lidi warga Dadapan yang dijual di Pagar Pelangi

SEDAN- Siapa yang pernah berkunjung ke Pagar Pelangi Di Desa Dadapan Kecamatan Sedan? Tempat wisata yang menonjolkan keindahan alam dengan konsep nuansa tradisional itu, kini telah menjual berbagai produk kerajinan khas Desa setempat.

Sebelumnya tempat wisata yang digagas oleh Abadi ini, hanya menjual berbagai jajanan tradisional khas pedesaan, seperti ketan, getuk, naga sari dan lainnya. Tapi sekarang, pengunjung bisa membeli oleh- oleh kerajinan yang bisa dibawa pulang dan tidak habis dimakan.

Abadi yang juga pengasuh Pondok Pesantren RN ASA kepada CBFM menceritakan ide produk kerajinan yang yang dijual di Pagar Pelangi ini berawal ketika Mahasiswa dari STAI Al- Anwar Kuliah Kerja Nyata di Dadapan. Dirinya pun menyarankan agar program KKN nya mengoptimalkan potensi yang ada, yakni banyak pengrajin anyaman dan keberadaan pagar pelangi disana.

Akhirnya warga Dadapan membuat berbagai kerajinan anyaman dari lidi dan bambu, seperti tempat pensil, tempat nasi, tempat tisu, piring dari anyaman lidi. Totalnya ada lebih dari 20 item kerajinan.

"Dalam produksinya, warga didukung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kemudian produk- produknya dibeli oleh Pagar Pelangi untuk dijual lagi, " imbuhnya.

Respon dari pengunjungpun cukup baik, mengingat mayoritas wisatawan adalah kalangan ibu- ibu.

"Contohnya bakul tempat nasi itu harga Rp.15 ribu, terus yang besar 17 ribu. Untuk perabot rumah tangga kita tarif Rp. 5 ribuan, seperti kalo, tambir, piring lidi, tempat parcel itu Rp.12 ribu, " tuturnya.

Selain rilis produk khas Dadapan sebagai oleh- oleh, Pagar Pelangi juga terus menambah spot- spot foto. Hal itu tentunya sangat memanjakan para wisatawan yang aktif di media sosial. (Mifta/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 5652845767414642576

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::