Dua Ruas Jalan di Rembang Diusulkan Alih Status

-- --

REMBANG - Jalan Kota Rembang yang memanjang antara Jalan Kartini dan Jalan Pemuda, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, dialih status. Pengalihan status dari yang saat ini Jalan Nasional diusulkan menjadi Jalan Kabupaten.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru) Kabupaten Rembang, Nugroho Tri Utomo kepada CBFM, di ruang kerjanya mengatakan terkait rencana down grade Jalan Kartini-Jalan Pemuda alasannya adalah soal perawatan. Jika jalan dalam kota itu menjadi kewenangan daerah, maka Pemkab akan lebih mudah dan leluasa melakukan penataan.

"Kalau kita lihat, sekarang kewenangan terkait jalan nasional itu kan dibatasi. Jalan Kartini - Jalan Pemuda adalah jalan yang membelah kota. Jadi, terkait penataan aset, penataan lingkungannya menjadi kesulitan jika itu menjadi kewenangan pusat. Sementara lalu lintas yang melalui jalan tersebut, relatif adalah lalu lintas lokal yang ada di kota."

Nugroho mengungkapkan pengalihan status jalan juga terjadi di Jalur Lingkar Selatan Tireman, Galonan ke Pentungan yaitu kendaraan yang melintas di sana kebanyakan over kapasitas. Semestinya, jalan tersebut maksimal dilintasi muatan maksimal 10 ton. Tetapi kendaraan yang melintas di sana sampai bermuatan 40 ton. 

Ia mengharapkan dengan naiknya status jalan lingkar perlu dinaikkan untuk peningkatan kualitas. Pasalnya jika jalan tersebut hanya berstatus kabupaten, maka akan selamanya rusak lantaran dilalui kendaraan tonase berat.( Masudi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 7891807137993672848

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::