Ketua MUI Rembang Tutup Usia, Bupati Hafidz: KH.Munib Sosok Ngayomi dan Ngayemi

-- --


REMBANG - Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rembang KH Muhammad Munib Muslih meninggal dunia pada Rabu sore (10/3/2021) sekira pukul 16.30 WIB di salah satu ruang rumah sakit umum daerah (RSUD) dr R Soatrasno Rembang.

KH Muhammad Munib Muslih merupakan mantan Ketua PCNU Rembang. Dan sekarang masih menjabat sebagai Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang.

Setelah disucikan, jenazah diberangkatkan dari RSUD bertolak ke rumah duka di daerah Kasingan, Rembang untuk dishalatkan di halaman Masjid Agung Rembang. Tampak hadir dalam prosesi tersebut Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), Bupati Rembang H Abdul Hafidz, serta alim ulama setempat. Kemudian Jenazah dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Krapyak sekitar pukul 20.00 WIB.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz dalam kesempatan itu mengatakan, mendiang KH Muhammad Munib Muslih sangat dekat dengan dirinya. Sehingga Ia mengaku jika warga Rembang sangat merasa kehilangan dengan meninggalnya KH Munib.

"Kami mewakili masyarakat Kabupaten Rembang merasa kehilangan, karena almarhum merupakan sosok yang bisa menjadi contoh bisa ngayomi dan ngayemi. Beliau ini merupakan kyai tulen. Tapi beliau juga pernah mengabdi di pemerintahan. Terakhir mengabdi jadi Kabagkesra Pemkab Rembang. Saya sangat dekat, kalau ada masalah soal agama pasti saya pertama kali melibatkan beliau," jelasnya.

Sekitar awal 2021 lalu, bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya, MUI Kabupaten Rembang yang dipimpin oleh Kiai Munib turut menginisiasi penerbitan buku kumpulan Khutbah Jumat yang berisi tentang edukasi penanggulangan Covid-19.

Begitupun di awal pencanangan gerakan vaksinasi oleh pemerintah, selaku Ketua MUI Rembang, dirinya mengimbau masyarakat, khususnya warga muslim Rembang untuk siap menerima program vaksinasi yang dinilai tidak membahayakan, suci dan halal.

Baginya, vaksin adalah bentuk ikhtiar untuk meningkatkan ketahanan fisik bersama. Hal terkait pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 pun selalu beliau serukan dalam forum khutbah Jumat di berbagai masjid setempat.

Kiprah kakak dari Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih ini, di NU Rembang juga sangat panjang. Tercatat bahwa Kiai Munib pernah menjabat sebagai Ketua PCNU Rembang periode 2008-2013. Selain itu, ia juga sedang menjabat kepala Madrasah Aliyah (MA) Muallimin Muallimat Rembang, salah satu madrasah tertua di Rembang, serta menjadi ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rembang. (Asmui/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 7960522227921182615

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::