Rembang Diproyeksi Menuju Kawasan Ekonomi Khusus, Ini Yang Perlu Diperkuat

-- --

Kabupaten Rembang ke depan diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Itu artinya Rembang tengah dipersiapkan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan Dan Ketenagakerjaan DPR RI, Edy Wuryanto saat mengisi Sosialisasi 4 Pilar MPR – RI, di Gedung Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Rembang, Selasa (16/3) kemarin.

Edy mengatakan, sama seperti Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, Rembang akan jadi pilar ekonomi penting di Jawa bagian Timur wilayah Utara. Sehingga peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik.

“Tak bocori sithik ya, Rembang akan menjadi pilar ekonomi Jawa Tengah bagian timur. Karena Rembang akan menjadi kawasan ekonomi khusus. Sama seperti Kendal dan Batang yang membangun ekonomi di Jawa utamanya di wilayah Timur,” kata dia.

Dibentuknya kawasan ekonomi khusus menurutnya memang bisa memajukan perekonomian daerah. Namun di sisi lain, masyarakat harus mengantisipasi dampak-dampak negatif yang ditimbulkan.

Ia mengamati ketika sebuah daerah menjadi pusat perekonomian, akan memicu perubahan gaya hidup dan ideologi. Maka Edy mengingatkan Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi negara, jangan sampai goyah.

“Nanti begitu menjadi kawasan ekonomi khusus, ada pelabuhan besar, ada pusat industri, kemuadian banyak orang masuk sehingga ada pencampuran ideologi. Tapi jangan sampai lupakan idiologi yang sampai saat ini sudah dibangun di masyarakat Rembang, “ bebernya.

Edy mencontohkan pengaruh kemajuan teknologi, membuat anak-anak sekarang dengan mudah mengakses informasi melalui HP. Peristiwa di Eropa, kemudian di Timur Tengah hari ini bisa langsung diketahui. Menurutnya, globalisasi juga merupakan salah satu faktor ancaman, jika masyarakat tidak kuat memegang teguh ideologi, maka lama kelamaan negara bisa runtuh.(Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 1756492699123522830

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::