Soal Reaktivasi Jalur Kereta Api Semarang - Rembang, DPRD Jateng Beri Penjelasan

-- --
    

REMBANG - Kabar mengenai pengaktifan kembali jalur kereta api ( reaktivasi ), mulai dari Semarang sampai wilayah Kecamatan Lesem (Kab. Rembang) kembali santer terdengar.

Diperkirakan proyek reaktivasi rel kereta api Semarang – Rembang – Lasem, 70 persen diantaranya akan menggunakan jalur yang baru. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah Abdul Aziz baru-baru ini.

Menurutnya, informasi yang Ia terima dari Dinas Perhubungan Jawa Tengah usai diskusi dengan pihak terkait, menyebutkan reaktivasi rel kereta api hanya 30 persen yang akan mengoptimalkan jalur lama. Karena bekas rel kereta api yang sudah lama tidak dioperasikan, sudah banyak berubah menjadi kawasan perumahan dan pertokoan, sehingga kondisinya sekarang sudah padat penduduk.

Karena kereta api Semarang – Lasem dan Jatirogo merupakan jalur sejarah dan banyak kenangan sehingga dapat segera terbangun.

“Kami akan terus memperjuangan agar segera dibangun termasuk menolak Tol Bawen agar reaktivasi kereta segera terlaksana, “ ungkapnya.

Politisi asal Desa Soditan (Lasem) itu mengaku aktif mengawal reaktivasi rel kereta api Semarang – Rembang, karena sangat dinantikan masyarakat. Lebih-lebih Lasem diproyeksikan oleh pemerintah pusat menjadi Kota Pusaka, sehingga kelak dapat tumbuh sebagai kawasan wisata sejarah.

“Kalau sudah ada kereta api, tentu akan memudahkan akses wisatawan,” ucapnya.

Menurutnya, tahun 2021 ini sudah muncul anggaran untuk investigasi trase atau rute, karena proyek tersebut akan dipercepat. Jika investigasi jalur selesai, perkiraan tahun 2022 dilanjutkan dengan mematangkan desain rute dan tahun 2023 peletakan batu pertama.

Nilai investasi jalur kereta api per kilo meter diprediksi hanya habis sekira Rp 25 Miliar, berbeda jauh dengan jalan tol yang investasinya rata-rata melampaui Rp 120 Miliar setiap 1 kilo meter. (Asmui/Mifta)


Berita Terkait

Terbaru 5279253279560958110

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::