Upaya Dinlutkan Perbaiki Habitat Biota Laut di Pantai Gedungmulyo

-- --

Dinas Kelautan Dan Perikanan (Dinlutkan) Rembang bersama dengan gabungan kelompok nelayan Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem berupaya untuk memperbaiki habitat ikan di Pantai Gedongmulyo. Upaya tersebut dilakukan dengan cara membuat rumpon atau rumah ikan yang ditanam di sejumlah titik perairan laut beberapa waktu lalu.

Kepala Dinlutkan Rembang melalui Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Herry Martono kepada CBFM, Kamis (11/3) menjelaskan maraknya penggunaan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan membuat habitat ikan menjadi terancam. Untuk menarik kembali sumber daya ikan yang ada di sekitar laut Gedung Mulyo maka upaya yang harus dilakukan yaitu dengan penanaman rumpon.

Dirinya mengungkapkan, alasan penanaman rumpon dilakukan di perairan laut desa Gedongmulyo karena wilayah tersebut terpilih sebagai pilot project konservasi rajungan. Di dampingi oleh APRI (Asosiasi Pengolahan Rajungan Indonesia) dan penyuluh perikanan, penanaman rumpon dilakukan di empat titik.

“Jadi memang tujuannya untuk kelestarian sumber daya ikan yang ada di laut. Jadi karena maraknya alat tangkap yang tidak ramah lingkungan maka dari itu inisiasi dari warga Gedong Mulyo dengan menanam rumpon. Semoga bisa di tiru oleh Desa-desa lain untuk merawat ekosistem laut,” kata dia.

Dirinya menyebutkan, penanaman rumpon itu merupakan uji coba sementara. Karena dalam proses penanaman rumpon memang harus ada evaluasi. Mengingat perairan di Jawa Tengah khususnya di Rembang ini memiliki arus yang besar.

“Kemarin itu kan rumpon pakainya bambu dengan pemberat, apakah itu sudah efektif atau perlu evaluasi. Karena melihat perairan khususnya di Rembang ini kan arusnya besar,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini penanaman rumpon itu sedang dalam proses perijinan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Karena wilayah laut mulai dari garis pantai hingga paling jauh 12 mil ke arah laut lepas merupakan kewenangan Provinsi. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 148717961784172352

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::