Upaya Pemkab Moderenisasi Alat Pertanian Melalui Bantuan Alsintan

-- --

REMBANG- Sebanyak puluhan alat mesin pertanian (Alsintan) diserahkan kepada kelompok Tani di Kabupaten Rembang. Penyerahan secara simbolis dilakukan di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Rembang, Senin (22/3).

Usai penyerahan secara simbolis bantuan alsintan, Bupati Rembang H.Abdul Hafidz menyampaikan Pemkab terus berupaya untuk memodernisasi alat pertanian. Untuk itu bantuan Alsintan secara bertahap terus dilakukan.

Di era moderenisasi ini, lanjut Hafidz, para petani dituntut harus berkembang untuk menggunakan teknologi dalam mengolah lahan pertanian maupun hasil panen. Sehingga nantinya hasil panen dari para petani mampu bersaing dengan negara lain.

“Para petani kita memang masih sangat tradisional, sehingga minim dalam mengelola hasil panen. Dari tahun ke tahun kita terus berupaya bagaimana para petani bisa mengolah dengan alat yang moderen. Berbagai bantuan seperti hand traktor, cultivator, dan lain sebagainya telah diberikan kepada kelompik tani. Itulah bentuk upaya Pemkab agar para petani bisa beralih dari alat tradisional ke alat mordern,” bebernya.

Bupati Hafidz sangat bersyukur impor beras satu juta ton tidak jadi dilakukan oleh pemerintah pusat. Karena melihat hasil panen para petani di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Rembang sangat bagus di tahun 2021 ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dintanpan Rembang, Agus Iwan Haswanto menyebutkan, Bantuan Alsintan yang diserahkan kepada kelompok petani berupa kendaraan angkut roda tiga sebanyak 22 unit, pemipil jagung roda tiga 5 unit, pemipil jagung roda dua 3 unit, dan mesin pencacah rumput 3 unit. Selain bantuan alsintan, kelompok petani juga diberikan bantuan benih padi inbrida 7.875 kilogram dan benih kacang hijau 5.000 kilogram.

“Kendaraan angkut angkut roda tiga sebanyak 22 unit dari APBD Provinsi Jawa Tengah, pemipil jagung roda tiga 5 unit terdiri dari APBN 3 unit dan dari APBD Provinsi 2 unit, kemudian pemipil jagung roda dua 3 unit dari APBD Provinsi Jawa Tengah, dan mesin pencacah rumput 3 unit dari APBD Kabupaten Rembang. Kemudian bantuan benih padi inbrida 7.875 kilogram dari APBN dan benih kacang hijau 5.000 kilogram dari APBN,” jelasnya.

Pada saat penyerahan bantuan alsintan Bupati Hafidz juga memeriksa satu persatu alat yang akan diserahkan kepada para kelompok tani. Bahkan orang nomor satu di Rembang itu sempat mengendarai salah satu mesin pengupil jagung roda tiga berkeliling halaman kantor Dintanpan Rembang. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 8043228560088685326

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::