Biaya Seleksi Perangkat Desa Akan Dibebankan Kepada Desa

-- --
    Kepala Dinpermades Rembang Sulistiyono


Sebanyak 117 Desa tahun ini akan menggelar seleksi Perangkat Desa. Biaya seleksinya akan dibebankan kepada masing-masing desa.

Sulistiyono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermadesa) Kabupaten Rembang mengatakan anggaran akan diambil dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) non Dana Desa. Bisa dari Bagi hasil pajak atau pendapatan asli desa (PADes) atau sumber lain yang sah.

"Untuk anggaran dibebankan di APBDes. Memakai yang non Dana Desa (DD)" terangnya

Terkait besaran anggaran juga diserahkan kepada Desa, menyesuaikan kondisi ada. Misalnya Desa dengan banyak penduduk atau sedikit dan jumlah formasi perangkat desa yang kosong.


Pihaknya saat ini sudah memantau dan merekap desa mana saja yang sudah siap.

Dalam seleksi akan ada beberapa mekanisme. Yakni melalui seleksi administrasi, tes tertulis, dan tes komputer. Kemudian ada penghargaan jenjang pendidikan dan pengabdian. Masing-masing memiliki nilai point tersendiri.

Kemarin sudah dilaksanakan sosialisasi tingkat kabupaten (13/4). Selanjutnya akan ada sosialisasi pada tingkat kecamatan.

“Kami akan turun ke kecamatan,” imbuhnya.

Pelaksanaan pengisian perangkat desa kali ini tak serentak. Apabila sudah ada desa yang siap, selanjutnya sudah bisa mulai melaksanakan. Hal ini diserahkan kepada masing-masing Desa.

Dalam seleksi akan ada beberapa mekanisme. Yakni melalui seleksi administrasi, tes tertulis, dan tes komputer. Kemudian ada penghargaan jenjang pendidikan dan pengabdian. Masing-masing memiliki nilai point tersendiri. (Mifta/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 549035965979169142

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::