Calon Jama'ah Haji Divaksin

-- --

REMBANG – Musim haji tinggal sebentar lagi. Pihak pemangku kebijakan penyelenggaraan ibadah haji mulai melakukan persiapan.

Seperti yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang bekerjasama Dinas Kesehatan setempat
menyelenggarakan suntik vaksin Covid-19 bagi Calon Jamaah Haji (Calhaj).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Kasi Haji dan Umroh Zuhri mengatakan, total ada 742 Calon Jamaah Haji yang dipersiapkan untuk berangkat pada musim haji Tahun 2021. Dari jumlah tersebut, 18 orang meninggal dunia, sehingga, total Calon Jamaah Haji yang dipersiapkan ada 734 orang.

Mengenai musim haji Tahun 2021, kata Zuhri masih belum tentu. Sampai hari ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi masih belum memberikan pengumuman tentang adanya musim haji tahun ini. Sehingga warga Kabupaten Rembang apabila belum bisa berangkat dapat lapang dada.

“Kalau soal musim haji sampai hari ini belum ada tanda-tanda Pemerintah Saudi akan menerima kedatangan ibadah haji, ini hanya persiapan saja kalau belum bisa berangkat bisa legowo,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Arief Dwi Sulistya mengatakan, suntik vaksin Calon Jamaah Haji dilakukan berdasarkan kesiapan pihak Puskesmas. Ada sebagian Puskesmas yang melakukan suntik vaksin malam hari setelah waktu berbuka puasa.

Ia menambahkan, Vaksin yang disuntikkan kepada Calon Jamaah Haji sama seperti vaksin pada umumnya yang diterima masyarakat. Sehingga, Calon Jamaah Haji yang kebetulan sudah di suntik Vaksin tidak perlu mengikutinya lagi.

“Vaksinya sama seperti yang diterima masyarakat pada umumnya. Jadi kalau ada yang kebetulan sudah divaksin yang sudah. Setiap orang hanya berhal menerima dua dosis vaksin saja,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan semua calon haji akan menjalani suntik vaksin Covid-19 jika pelaksanaannya dibuka oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

Ia memastikan semua calon haji, bukan hanya kategori lanjut usia (lansia), yang akan menerima vaksin Covid-19.
Dia mengungkapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mensyaratkan siapapun yang masuk ke negaranya harus sudah divaksin. (Asmui/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 299752277507327227

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::