Dinpermades Revisi Aturan Pengisian Perangkat Desa

-- --

REMBANG – Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang, Sulistiyono, melalui Kabid Pemberdayaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Heru Susilo
Mengatakan pihaknya Aturan Pengisian Perangkat Desa akan direvisi.

Ia menyebut akan melakukan sejumlah perbaikan regulasi terkait seleksi pemilihan perangkat desa. Masalah teknis seperti legalisir ijazah menjadi kebingungan tersendiri di kalangan desa. Pasalnya dalam diksinya tidak menyebutkan secara jelas pihak mana yang harus memberikan legalisir.

Perbaikan dimaksudkan agar pengisian perangkat desa bisa lebih baik lagi, dan tidak memunculkan permasalahan dikemudian hari. Jumlah formasi perangkat desa yang kosong ialah 145 formasi, di 117 desa di Rembang.

"Kita akan evaluasi aturannya dulu semuanya teknis bagaimana dan seperti apa, agar lebih baik lagi karena kewenangan pengisian baru pertama diselenggarakan Dinpermades," katanya.

Menurutnya, revisi regulasi pemilihan perangkat desa akan diselesaikan minggu depan agar dapat disosialisasikan ke pihak desa dan kecamatan.

Sedangkan persyaratan seleksi, Sulistiyono menyebutkan setidaknya ada dua calon yang mendaftar. Jika kurang dari dua, desa harus membuka atau memperpanjang pendaftaran kembali.

Panitia seleksi harus berasal dari unsur masyarakat desa yang terdiri dari tiga orang atau lebih. Sebelum program seleksi dilakukan, sebelumnya pihak desa sudah melakukan musyawarah bersama sejumlah elemen desa. Pengisian perangkat sendiri juga diperbolehkan menggandeng pihak ketiga.

Pelaksanaan pemilihan perangkat desa direncanakan akan dilaksanakan tahun 2021 ini. Karena ada 145 jabatan kosong dan telah ditunda di tahun sebelumnya karena pandemi. (Asmui/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 2574158684303473591

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::