Hj. Ulfah Munawar terpilih pimpin Muslimat NU cabang Rembang

-- --

REMBANG - Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengharapkan agar seluruh komponen masyarakat menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi kabupaten Rembang yaitu Rembang Gemilang 2026. Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat konsultasi publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rembang tahun 2021-2026, di Aula lantai 4 Gedung Bupati Rembang, hari Kamis (15/3).


Bupati mengatakan ajakan untuk bersama-sama melakukan visi dan misi itu setelah pemilukada berjalan dengan sukses dan aman.


"Proses pemilukada di Rembang, telah berjalan dengan sukses dan aman. Untuk itu melalui momentum ini, baik secara pribadi atau atas nama Pemerintah Kabupaten Rembang, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras, partisipasi dan kontribusi dari seluruh lembaga dan seluruh komponen masyarakat. Sehingga pemilukada berjalan lancar," Imbuhnya.


Bupati menerangkan demi mewujudkan Rembang Gemilang 2026, dirinya bersama Wakil Bupati, Mochammad Hanies Cholil Barro' menyampaikan 4 visi yaitu Mengembangkan profesionalisasi, modernisasi organisasi dan tata kerja birokrasi; Mengembangkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dan terproteksi dalam jaminan sosial; Membangun infrastruktur dan ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan; serta Mengembangkan kemandirian desa berbasis potensi lokal.


Bupati mengungkapkan Fokus Program Misi I berupa Apik Layanane yaitu Program Digitalisasi Birokrasi dan Program Rembang Smart City. Dimana program-program tersebut diwujudkan melalui Akses Pemanfaatan Internet & Komunikasi (APIK) desaku yang merupakan pelayanan masyarakat berbasis Informasi Teknologi sampai ke Desa. 


Selain itu diwujudkan melalui Ora Ribet Birokrasiku (Penyederhanaan Layanan) sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Gamblang Pemerintahku (Keterbukaan Informasi) yang mana memberikan kemudahan akses informasi serta pengaduan dari masyarakat kepada pemerintah berbasis digital.


Bupati menjelaskan Fokus Program Misi II berupa Mumpuni dan Sehat Wargane dilakukan melalui Program DarmaSiswa, dengan tujuan mewujudkan Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau berbasis mutu Pendidikan yang baik. sehingga terwujud pendidikan yang berkualitas, terjangkau dan berbasis mutu pendidikan yang baik. Program DarmaGuru, dimana Kepala Sekolah dan Guru-guru yang berprestasi bertindak sebagai tutor sebaya, sehingga meningkatkan mutu Pendidikan dari segi tenaga pendidik.


Dalam Misi II juga dikuatkan melalui Program Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat melalui Home Care. Yakni pelayanan kesehatan berbasis online yang mana akan memudahkan para pasien dan calon pasien dalam berobat sehingga memperoleh pelayanan prima. Program Peningkatan Kesejahteraan Guru Tidak Tetap Dan Guru Madin.



Bupati menuturkan fokus Program Misi III berupa Tuwuh Ekonomi melalui Program Modernisasi Pasar Rakyat, melalui Peremajaan Bangunan, Penataan lahan parkir pasar, dan Pasar Rembang Online. Program Optimalisasi Air Baku, melalui Pemeliharaan & Penghijauan Kawasan Resapan Air, dan Pemanfaatan Embung serta Sistem Penampungan Air. Program Peningkatan Daya Saing Komoditi Unggulan Daerah, UMKM dan Perdagangan, dengan Menciptakan Branding yang baik pada produk komodutas lokal, serta Penyaluran Produk Komoditas dengan kualitas terbaik. Program Bantuan Bedah Rumah, dengan menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat. Program Cipta Kerja, melalui Peningkatan Wirausahawan dan Penciptaan Lapangan Kerja. 


Bupati menyebutkan Fokus Program Misi IV berupa Makmur Wargane melalui Program mempercantik DeWi (Desa Wisata) Rembang, yakni dengan menjadikan pariwisata khususnya di Desa sebagai salah satu prioritas pembangunan sehingga berkontribusi terhadap PAD Kabupaten Rembang. Selain itu juga melalui Desa Mandiri dan Sejahtera yang ditempuh melalui pembuatan dan pemanfaatan BUMDes secara optimal untuk menunjang swasembada di tingkat desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang ada di Desa. FProgram Pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) disetiap Kecamatan, melalui pemberian sarana umum yang bersifat multifungsi, mulai dari jogging, senam ataupun piknik sederhada yang terintegrasi dengan program APIK-Desaku. 


Perwujudan penyelenggaraan program RTH juga terlihat dengan adanya Kawasan Kota Pusaka Lasem yakni dengan Menata Alu-alun, Masjid Jami' dan Pasar Lasem dalam satu kesatuan ruang terpadu dengan jejaring jalan disekitarnya.


Visi Misi tersebut menurut Bupati sudah melalui pemikiran, perenungan, serta proses diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Rembang.



Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang, Dwi Wahyuni Hariyati menyampaikan digelarnya konsultasi publik untuk memperoleh masukan arahan dari pemangku kepentingan untuk penyempurnaan ranwal RPJMD Rembang 2022-2026.


"Tujuannya yaitu mensinergikan pembangunan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam proses perencanaan mendapatkan masukan, usulan dan saran. Untuk kelengkapan perbaikan penyempurnaan ranwal RPJMD Kabupaten Rembang 2021-2026." Tandasnya.


Proses penyusunan Ranwal RPJMD menurut Dwi Wahyuni setelah disusun pada awal Maret 2021 lalu diikuti dengan logical printwork dan penyamaan persepsi, braindstorming penyusunan ranwal RPJMD dan rapat koordinasi penyusunan draft Indikator Kinerja Utama Organisasi Perangkat Daerah. Setelah konsultasi publik ini melakukan pertemuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk mendapatkan nota kesepakatan dengan DPRD.(Masudi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 1663897430167742113

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::