Mendekati Bulan Ramadhan, Pengrajin Bedug Asal Kragan Kebanjiran Order

-- --

KRAGAN - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Banyak aktivitas yang juga dilakukan oleh masyarakat, salah satunya yakni membersihkan dan menata masjid, musala agar jama'ah lebih nyaman dalam beribadah.

Terkait penataan masjid dan mushala itu, ada warga yang mendapatkan berkah mendapatkan orderan bedug alat penanda datangnya waktu sholat yang biasanya ditempatkan di masjid ataupun mushola. Tulus warga Desa Sumurtawang Kecamatan Kragan Rembang, warga yang berprofesi sebagai pengrajin bedug kini sudah mulai kebanjiran pesanan.

Pesanan rata-rata datang dari wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Satu unit bedug dihargai ada yang sampai Rp 35 juta, tergantung jenis kayu dan ukuran.

“Rata rata pemesannya dari Tuban Jawa Timur ada juga dari Jawa Tengah Al Hamdulillah saat ini ada 3 unit bedug, dan untuk satu unitnya seharga Rp. 35 an juta,”kata Tulus.

Dalam pengerjaannya Tulus biasanya dibantu beberapa rekannya. Mengingat pesanan bedug itu juga akan segera di pasang di tempat ibadah yang nantinya bakal dijadikan sebagai penanda datangnya sholat dengan cara ditabuh oleh umat Muslim ini.

Penghasilan itu belum dikurangi pembelian bahan baku maupun honor rekannya yang ikut membantu pembuatan bedug itu.

Sementara itu saat ditanya soal kepiyawaiannya membuat bedug, Tulus mengaku dirinya belajar secara otodidak.

Di sisi lain, saat ditanya lagi soal keluhannya saat ini, ia menjabarkan bahwa bahan baku kayu yang sesuai kriteria saat ini jarang ditemukan. Untuk pembuatannya satu unit bedug ukuran besar , Ia membutuhkan waktu paling lama 2 bulan. ( Asmui/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 3681873970691727850

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::