Pemkab Gandeng SMK N 1 Sedan Wujudkan Rembang Kota Fashion

-- --

Pemkab Rembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Dinindakop UMKM) Rembang berencana menjadikan Rembang sebagai kota fasion khususnya batik. Hal ini dikerenakan kepopuleran Batik tulis khas Lasem telah menjamah ke penjuru nusantara bahkan internasional.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi ( Dinindakop UMKM) Rembang Aksanudin kepada CBFM Senin (19/4) menyampaikan Rembang sudah sangat terkenal dengan produk unggulannya berupa batik tulis Lasem. Saat ini tidak hanya di Lasem, namun di Kecamatan Bulu juga ada produksi batik khas Lasem.

Melihat keunggulan batik Lasem, pihaknya mencoba menyandingkannya dengan Lasem Kota Pusaka yang sedang dalam proses penggarapan. Sehingga nantinya Rembang tidak hanya terkenal melalui kota pusakanya, namun juga terkenal sebagai kota fasion batik.

"Saat kita memperoleh program pemerintah pusat dimana Lasem dijadikan menjadi kota pusaka, sekaligus kita sandingkan bersama Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah kita branding sekaligus kita sandingkan Rembang menjadi Rembang kota fasion," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan keseriusan menggarap Rembang kota fasion tengah diupayakan melalui kolaborasi antara SMK yang memiliki kejuruan fashion dengan para pembatik.

Ia menyebutkan SMK yang memiliki jurusan fashion di Rembang ada di SMK N 1 Sedan. Yang saat ini memperoleh bantuan revitalisasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) senilai 5 miliar.

"Ini nanti kita kilaborasikan dengan beberapa kegiatan temen-temen pembatik yang akan kita sinkronkan mengarah batik tidak hanya bentuk lembaran kain tapi kita arahkan dalam bentuk pakaian jadi," bebernya.

Dirinya menambahkan, untuk mewujudkan Rembang sebagai kota fashion memang harus ada kolaborasi antara pembatik dan desainer. Ia berharap SMK N 1 Sedan mampu mencetak desainer unggulan yang nantinya akan menggarap produksi lembaran batik Lasem manjadi pakaian jadi yang bagus dan menarik. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 3269722416265488948

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::