Penadah dan Pelaku Pencurian Mesin Traktor Ditangkap

-- --
   

REMBANG - Kawanan pelaku spesialis pencurian mesin traktor berhasil ditangkap oleh jajaran Polres Rembang.

Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre saat gelar perkara di halaman Satreskrim Polres Rembang Rabu pagi (24/03/2021) mengatakan, ada empat orang diamankan dalam kasus ini, tiga merupakan pelaku pencurian dan satu orang terduga penadah.

Kapolres mengatakan pelaku menjalankan aksinya sejak tahun 2020 dan hingga 2021 ini sudah beraksi 18 kali. Sembilan TKP di wilayah Kabupaten Rembang, sedangkan sisanya merupakan TKP di Kabupaten Kendal, Pati, dan Batang.

Untuk mengelabuhi warga, pelaku beraksi dengan menggunakan mobil jenis mini bus sewaan untuk mengangkut barang hasil curian.

"Ketiga pelaku ini warga Desa Sulang, Rembang, sedangkan rendahnya bernama Kaswi warga Dukuh Ngebruk, Desa Bumirejo - Pati. Berdasarkan pengakuan, Kaswi biasa menadah barang hasil curian dari para para pelaku. Barang-barang tersebut ia beli dengan harga yang berbeda, tergantung kondisi barang."

Seorang pelaku bernama Wawan mengaku untuk membongkar mesin tersebut Ia bersama komplotannya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Ia bersama Zaenal dan Mustofa memiliki peran masing-masing. Ada yang bertugas mengawasi, mengemudikan mobil, dan melepas mesin traktor dari rangka pendorongnya.

"Saya bertugas mengambil barang, setelah selesai saya panggil kawan-kawan. Kalau barangnya bagus saya jual kepada penadah Rp 4 juta, kalau jelek Rp 1 juta, tergantung barang," kata Wawan.

Oleh penadah mesin traktor curian itu dijual kembali dengan harga Rp 6-7 jutaan.
Sembilan unit mesin traktor diamankan dari rumah penadah bersama Kaswi.
Selain itu traktor, polisi menyita kunci yang digunakan untuk membongkar baut mesin traktor, handphone milik para pelaku, serta kerangka traktor milik para korban.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku terancam hukuman tujuh tahun penjara, sedangkan penadah empat tahun penjara. Mereka saat ini ditahan di rutan Mapolres Rembang.
(Asmui/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 782554337915340026

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::