Pentas Seni Masih Terkendala Ijin Pihak Kepolisian

-- --
    Foto: konser dangdut

Pertunjukan pentas seni di Rembang masih belum bisa dilaksanakan. Meskipun sudah ada Surat Edaran (SE) yang memperbolehkan, namun para pelaku seni masih terkendala pada perizinan keamanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang Purwono menyampaikan, izin pentas seni sudah diperbolehkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang tertanggal 22 Maret melalui surat edaran. Berdasarkan SE tersebut pelaku seni tidak perlu izin melainkan cukup surat pemberitahuan saja ke kepada polsek setempat.

Namun, ternyata para seniman itu belum bisa menggelar pentas lantaran masih terkendala izin keamanan. Hal ini yang membuat Dinbudpar merasa kebingungan, padahal syarat-syarat yang disepakati dalam SE sudah dipenuhi.

"Berdasarkan SE Bupati, ternyata di daerah tingkat kecamatan belum ada sosialisasi dari pihak keamanan kepada polsek-polsek. Polsek-polsek ketika diberitahu tidak hanya tidak mau menerima justru malah masih melarang. Jadi praktis SE Bupati ini seolah-olah tidak bisa dilaksanakan karena terkendala itu," jelasnya.

Hingga saat ini, dirinya masih terus berupaya berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait SE yang sudah disepakati bersama. Karena dikhawatirkan angin segar yang diberikan kepada para pelaku seni nantinya dianggap hanya omong kosong.

"Kami mau koordinasi lagi dengan pihak Polres, kami menunggu waktu dari pak kasat intel. Tanggal 23 kemarin itu sudah mau melalui telepon, karena banyak kegiatan diluar katanya disuruh menunggu nanti dikabari. kalau menunggu terus kan SE cuma berlaku mulai tanggal 23 Maret sampai 5 April," bebernya.

Ia berharap pihak kepolisian memberikan kejelasan terkait ijin penyelenggaraan pentas seni sebelum batas berlakunya SE berakhir. Pihaknya mencatat ada tiga pentas yang seharusnya dilaksanakan setelah ada SE namun batal terselenggara. Pentas seni tersebut yakni dua pentas ketoprak di kecamatan Sulang dan organ tunggal di Kecamatan Gunem. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 5649004073173042442

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::