Penyelenggaraan Tongtong klek Diusulkan Secara Virtual

-- --
    Foto: istimewa


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang mengupayakan kegiatan seni tongtongklek yang menjadi tradisi pada penghujung bulan Ramadhan tetap terlaksana. Meskipun pada nantinya penyelenggaraan tongtongklek bersifat virtual karena pandemi Covid-19.

Kepala Dinbudpar Rembang Dwi Purwanto melalui Plt Kabid Kebudayaan Purwono kepada CBFM Rabu (31/3) menyampaikan kesenian tongtongklek merupakan tradisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Namun di masa pendemi tahun lalu, tradisi tersebut terpaksa ditiadakan oleh Pemkab.

Saat ini pihak Dinbudpar berusaha untuk mencari solusi agar tradisi tersebut tetap digelar di masa pandemi. Salah satu caranya yaitu melalui virtual.

Dikarenakan secara virtual, seleksi nantinya akan dilakukan di tingkat kecamatan. Hingga menyisakan 5 peserta terbaik yang akan tampil secara virtual.

"Rencananya kita membuat kegiatan tongtongklek itu virtual. Sesederhana mungkin namun tetap menampung harapan mereka. Rencananya sih kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten, acaranya nanti ditayangkan secara live, dan dari masing masing kecamatan nanti yang paling unggul siapa, nanti kita seleksi lagi sampai ditentukan lima peserta yang akan tampil live," bebernya.

Ia menerangkan, rencana tersebut baru bersifat usulan yang nantinya akan diajukan saat rapat pembahasan ekonomi dan kegiatan di masa Ramadhan dengan Pemerintah Kabupaten Rembang. Sedangkan anggaran tongtongklek sekarang ini hanya menyisakan Rp. 27 juta setelah adanya refokusing anggaran.

"Dari usulan kita penyelenggaraan tongtongklek secara nomar itu sudah dipotong untuk refokusing demi penanganan covid-19, anggaran tongtongklek kami tinggal Rp. 27 juta. " terangnya.

Dirinya berharap usulan penyelenggaraan tradisi tongtongklek secara virtual disetujui oleh Pemerintah Kabupaten. Karena diadakannya pentas seni tongtongklek salah satu tujuannya adalah untuk memuaskan masyarakat yang haus akan hiburan selama pandemi Covid-19 ini. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 1714840850683468407

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::