Tak Seramai Sebelum Pandemi Covid-19, Pedagang di Komplek Makam Kartini Tetap Jaga Kebersihan

-- --

BULU- Senyum sumringah tak lagi nampak di wajah para pedagang di warung komplek wisata religi makam R.A Kartini. Meski sekarang ini momen peringatan hari Kartini, mereka yang biasa melayani pengunjung yang mampir ke warung dengan senyuman kini nampak lesu.

Wajar saja, biasanya momen hari Kartini digunakan para pedagang di komplek makam R.A Kartini untuk mendulang rejeki dari wisatawan yang hendak berziarah.

Salah satu pedagang di area makam Kartini, Rina kepada CBFM Kamis (22/4) mengatakan sepinya pengunjung pada perayaan hari Kartini tahun ini merupakan hal yang wajar. Pasalnya dirinya juga memaklumi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dirinya mengungkapkan, sebelum pandemi banyak rangkaian kegiatan yang digelar di makam R.A Kartini. Mulai dari upacara, pengajian akbar, hingga kegiatan kebudayaan seperti wayang kulit yang tentunya mengundang antusiasme masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Makam R.A Kartini.

"Sebelum corona, kalau dari masyarakat nanti berpakaian kebaya. Ada upacara, pengajian Akbar, kegiatan budaya dari kabupaten biasanya ada wayang kulit semalam suntuk. Biasanya ramai sekali," terangnya.

Meskipun sepi, Rina bersama para pedagang lain tetep ke lokasi makam karena untuk bersih-bersih supaya sewaktu ada pengunjungnya terlihat asri. Untuk hari H peringatan hari Kartini tahun ini, kata Rina, hanya ada kegiatan upacara dari ibu-ibu PKK.

“Kalaupun buka ya hanya menyapu, membersihkan tempat lokasi di makam Kartini. Supaya bersih rapi, agar kalau ada pengunjung supaya tetap berkesan," jelasnya.

Dirinya menambahkan, dalam kurun waktu seminggu ini pengunjung Makam R.A Kartini masih ada meski hanya sedikit. Tidak hanya dari warga Rembang saja, pengunjung juga ada yang berasal dari kota Solo. (Rendi/Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 244281320672630150

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::