Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan, Pemilik Kendaraan Bekas Wajib Waspada

-- --
    Foto: Pantauan cctv di perempatan Zaini                  Rembang

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Kabupaten Rembang mulai berlaku pada Selasa (23/3) kemarin. Kendaraan yang melakukan pelanggaran terpantau di kamera cctv di pertigaan tugu Adipura dan perempatan zaini akan dicatat nomor polisinya dan dikirimi surat konfirmasi pelanggaran berdasarkan alamat pemilik kendaraan.

Lantas bagaimana jika kendaraan yang melakukan pelanggaran merupakan kendaraan bekas yang belum balik nama. Belum lagi kendaraan merupakan pinjaman dari seseorang.

Kasat Lantas Polres Rembang melalui Bagian BAUR Tilang Aiptu Cahyo Prabowo kepada CBFM Rabu (24/3) menjelaskan, surat konfirmasi pelanggaran akan dikirimkan berdasarkan identitas dari STNK kendaraan. Mekanismenya nomor polisi dari kendaraan yang melakukan pelanggaran akan dicatat terlebih dahulu.

Kemudian, nomor polisi itu akan disinkronkan dengan data Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang ada di Samsat Rembang.Setelah data didapat, pemilik kendaraan akan dikirimi surat konfirmasi oleh Sat Lantas Rembang mengenai pelanggaran yang telah dilakukan.

Tentunya surat tilang elektronik akan dikirim pada nama yang tertera di STNK atau pemilik kendaraan sebelumnya. Bilamana pemilik kendaraan tidak merespon surat konfirmasi, maka resikonya STNK kendaraan tersebut akan diblokir.

“Kita berdasarkan data dari Samsat, kemudian membuat surat konfirmasi kepada pelanggar. Apabila pelanggar merasa bersalah, dalam surat itu ada nomer telepon, kemudian pembayaran dendanya melalui bank yang sudah ditunjuk. Bila mana dari surat konfirmasi itu pemilik merasa tidak melakukan pelanggaran, misalnya bukan e aku pak. Maka nanti dari Samsat dilakukan pemblokiran” bebernya.

Dirinya menerangkan pada surat konfirmasi tersebut disertakan foto dan juga video bukti pelanggaran yang dilakukan. Bukti video bisa dilihat melalui scan barcode yang telah disertakan pada surat tersebut.

Satlantas juga telah menyiapkan inovasi Kopek, kamera portable yang dipasang di helm petugas dan mobil patroli untuk menjangkau area yang belum terpasang CCTV. Terkait Kopek, peralatan sudah siap dan terpasang, tinggal menunggu petunjuk teknis dari Polda Jawa Tengah.

"Kita menunggu teknisnya. Itukan harus ada timnya, " imbuhnya.

Sejauh ini, lanjut dia, Sat Lantas Rembang sudah mengantongi sejumlah nomor polisi dari kendaraan yang telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Pada hari pemberlakuan tilang elektronik, surat konfirmasi akan dikirimkan kepada masing-masing pemilik kendaraan.
(Rendi / Mifta)

Berita Terkait

Terbaru 5704410998945441430

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::