Tidak Usah Mudik, Biarkan Parsel Produk UMKM Rembang Yang Mudik

-- --
Rembang - Ada cara unik yang dilakukan forum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Rembang untuk menghidupkan geliat para pelaku UMKM di bulan ramadan ini. Mereka mengadakan gerakan “parsel mudik” yang ditujukan untuk memeriahkan lebaran tahun ini.

Koordinator gerakan parsel serta pembimbing forum UMKM di Rembang Sugeng Styo Hariadi kepada CBFM Jumat (7/5) menyampaikan gerakan ini awalnya berangkat dari kondisi dilematis bagi pelaku UMKM yang ada di Rembang. Dimana kondisi pandemi Covid-19 ditambah dengan adanya larangan mudik pasti akan mengurangi daya beli masyarakat utamanya produk oleh-oleh khas Rembang.

Dirinya menerangkan gerakan parsel produk UMKM ini maksudnya parsel yang biiasanya diisi dengan aneka makanan dan jajanan dari pabrik akan diganti dengan produk makanan dan jajanan dari UMKM Rembang. Sehingga dengan begitu produk UMKM Rembang akan tetap laku meski ada larangan mudik.
Dirinya menyebutkan sudah ada banyak warga Rembang, pejabat daerah, hingga anggota DPR RI yang memesan parsel dari produk UMKM Rembang ini. Bahkan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen sangat mengapresiasi atas munculnya gagasan cemerlang tersebut.

“Untuk saat ini alhamdulillah temen-temen sumringah lah, kebanjiran orderan. Ada pak Wagub Jateng sangat mengapresiasi gerakan parsel produk UMKM, ada pak Bupati beserta Ibu juga pesen, anggota DPR RI juga ada yang pesen, anggota DPRD Jateng juga ada, kemudian beberapa bank daerah juga memesan,” jelasnya.

Dalam gerakan ini setidaknya sudah ada pesanan sekitar 1000 parsel yang siap diantarkan kepada pemesan. Sedangakan untuk UMKM yang terlibat kurang lebih ada ada 100 pelaku UMKM di Rembang. 

Melalui gerakan parsel produk UMKM ini juga terbesit pesan kepada masyarakat. Agar masyarakat tidak perlu keluar kota atau mudik lebaran, cukup bersilahturahmi menggunakan parsel dari produk UMKM Rembang yang dapat dikirimkan ke banyak saudara di kampung halaman.

“Jadi kita juga membuat gerakan tidak usah mudik biar parselnya saja yang mudik. Jadi masyarakat juga antusias untuk beli parsel dan dikirimkan ke saudara-saudaranya yang mereka tidak bisa pulang kampung,” bebernya.

Tyo juga berharap bahwa gerakan ini dapat menaikan taraf penjualan produk UMKM di Rembang kedepannya. Terutama melalui sejumlah produk-produk yang dikemas dengan baik dan mengusung lokalitas Rembang.

Berita Terkait

UMKM 5656420094502808336

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::