Petani Tadah Hujan Jadi Perhatian Pemkab Rembang

-- --

REMBANG - Petani selalu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, termasuk selama 5 tahun ke depan.Sebagian areal pertanian di Kabupaten Rembang yang dominan sawah tadah hujan pun menjadi Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz mengatakan untuk membantu petani di Wilayah Rembang Barat, akan disinergikan dengan program pemerintah pusat dengan membuat Embung Randugunting di Kabupaten Blora yang letaknya berada di perbatasan 3 kabupaten meliputi Kabupaten Blora, Rembang dan Kabupaten Pati.

"Dari barat. Daerah barat. Sumber dan Kaliori, ini akan kita tingkatkan. Karena ini sudah ada pembahasan tentang Embung Randugunting, insya Allah akan diberi minimal 5.000 liter / detik. Insya Allah akan mencukupi masyarakat di wilayah barat. Disamping juga untuk pertanian, sudah ada kepastian 600 hektar. Dengan total kurang lebih 130 liter per detik, "imbuhnya.

Sedangkan bagi petani di wilayah Rembang Timur menurut Bupati disinergikan dengan program Pemerintah Pusat yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 yang Menunjang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019 yaitu Pembangunan Long Storage Sungai Kalipang.

"Kita akan membikin long storage. Program long storage ini, akan kita mulai, dengan Perpres yaitu di Kalipang. Kali pang akan kita bendung dengan sistem long storage. Sehingga air ini, tidak berhenti di laut. Tetapi, bisa tertampung di bendungan yang bisa dimanfaatkan untuk air bersih maupun air pertanian," tuturnya.

Bupati berharap program long storage juga akan dicanangkan di sungai-sungai lainnya. Terkait hal itu pihaknya akan membicarakannya dengan Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air dan Tata Ruang (Pusdataru). Pasalnya, sungai menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

Disamping juga pembuatan sumur-sumur dalam seperti yang pernah dilaksanakan selama 5 tahun yang lalu juga akan dilakukan lagi.

Bupati menyebutkan untuk pemenuhan kebutuhan air minum sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019, melakukan optimalisasi pemanfaatan Sumber Semen (Sungai Jakinah) Kecamatan Sale, Embung Panohan, Kecamatan Gunem, Pembangunan Embung Kaliombo Kecamatan Sulang, Trenggulunan Kecamatan Pancur dan Embung Pasedan Kecamatan Bulu.(Masudi/Mifta)

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::